Selasa, 28 April 2020

seputar SNMPTN untuk MASA DEPAN

SNMPTN atau disebut juga dengan Jalur Undangan. Jalur masuk Perguruan Tinggi menggunakan nilai raport. Nilai raport yang digunakan adalah nilai semester 1 sampai dengan semester 5. LTMPT melakukan pemeringkatan berdasarkan nilai mata pelajaran, yakni:

1. Untuk jurusan IPA yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Fisika, Biologi, Kimia.
2. Untuk Jurusan IPS yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sosiologi, Ekonomi, dan Geografi.
3. Untuk Jurusan Bahasa yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Sastra Indonesia, Antropologi, dan salah satu Bahasa asing.
4. Sedangkan jurusan SMK yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Kompetensi keahlian.

LTMPT memberikan kesempatan kepada 40% siswa terbaik yang sekolahnya terakreditasi A untuk mengikuti SNMPTN, 25% siswa terbaik yang sekolahnya terakreditasi B, sedangkan jika akreditasi sekolah C hanya 5% saja.

Dari hal ini sudah dapat dilihat bahwa jalur SNMPTN memiliki persaingan yang ketat untuk dapat lolos. Agar lolos SNMPTN kita harus pintar dalam mencari peluang. Ada beberapa metode untuk mendapat peluang lolos SNMPTN, yaitu:

1. Pastikan grafik nilai mulai semester 1 sampai semester 5 terus naik
Cara ini cukup mudah, jumlah semua nilai rapot per semester untuk mata pelajaran yang diprioritaskan yang sesuai dengan jurusan SMA/SMK. Kemudian jika nilai per semester sudah dijumlah bagilah dengan angka 6. Hasil dari penjumlahan ini akan menjadi rata-rata. Urutkan rata-rata mulai semester 1 sampai semester 5 lalu buatlah seperti grafik, jika grafik terus naik atau stagnan (datar) maka dapat dikatakan aman dan apabila grafik turun dapat dikatakan tidak aman. 

2. Memilih jurusan serta PTN sesuai dengan rata-rata yang dimiliki
Jika rata-rata anda bagus (>83) beranikan diri untuk memilih PTN favorit. Perihal jurusan pilihlah jurusan pertama sesuai dengan yang kita inginkan dan jurusan kedua harus lebih rendah tingkat persaingannya dari jurusan pertama. Apabila nilai rata-rata anda standar atau kurang dari 83, disarankan jangan memilih PTN favorit. Pilihlah PTN yang memiliki Passing grade rendah dengan jurusan pertama yang diinginkan dan jurusan kedua yang saingannya sedikit agar mendapat peluang lolos yang besar.

3. Usahakan untuk tahu rata-rata teman sekitar
Jika anda mempunyai teman yang rata-ratanya lebih tinggi dari anda dengan pilihan PTN serta jurusan yang sama maka lebih baik anda mengalah dari teman anda karena hal tersebut dapat membuat peluang lolos anda semakin kecil. Hindari memilih jurusan serta PTN yang sama dengan teman satu sekolah anda karena PTN akan lebih memprioritaskan yang memiliki nilai lebih baik serta siapa yang memiliki sertifikat.

4. Jangan mengikuti rasionalisasi nilai rapot
Rasionalisasi adalah pemeringkatan jurusan dan PTN yang kita pilih sesuai dengan rata-rata rapot kita. Rasionalisasi ini biasanya dilakukan secara online. Menurut saya hal ini kurang akurat karena masih banyak siswa mengikuti rasionalisasi yang masih bimbang dengan jurusan yang dia pilih, jadi ada kemungkinan dia berganti-ganti jurusan. Jika terjadi hal ini maka kita sendiri yang akan dirugikan sebab dia tidak konsisten dengan jurusan saat rasionalisasi sehingga menyebabkan kita minder dan tidak berani mengambil jurusan tersebut padahal lawan kita sudah mengambil jurusan lain. Hal tersebut dapat menimbulkan kegagalan.

5. Konsultasi dengan guru BK atau orang yang benar-benar mengerti tentang Perguruan Tinggi
Konsultasi dengan guru BK sangatlah penting karena mereka pasti mengerti tentang perguruan tinggi. Ada baiknya anda mendengarkan saran dari guru BK itu. Guru BK pasti sangat update tentang informasi jalur masuk setiap PTN jadi beliau mampu mengarahkan kita. 

6. Jangan lupa untuk mengunggah sertifikat 
Sertifikat sangat penting dalam membantu membuka peluang lolos SNMPTN. Jika anda memiliki banyak sertifikat maka upload lah semua sertifikat itu. Sertifikat (perorangan) kejuaraan tingkat nasional sangat menjajikan untuk lolos SNMPTN. 

7. Teruslah berdoa dan berikhtiar 
Berdoa adalah sesuatu yang wajib kita lakukan. Jangan hanya berdoa saja tetapi juga harus disertai ikhtiar. Seperti yang kita ketahui tuhan pasti mengabulkan permintaan hambanya yang mau berdoa dan berikhtiar. 

Kegagalan mungkin sesuatu terasa sangat pahit. Kita tidak boleh terus berdiri dan diam pada kegagalan. Maka dari itu anda harus menerapkan cara agar impian anda kuliah di PTN yang diidamkan tercapai.

Jikalau anda mengalami kegagalan SNMPTN tidak usah khawatir karena PTN pasti akan membuka jalur masuk melalui rapot tetapi khusus untuk diploma.

Saya sarankan anda mengikuti jalur ini. Setiap PTN memiliki nama berbeda untuk jalur ini, contoh di UNS nama jalur tersebut adalah PMDK, di UGM namanya PBU, sedangakan di UNDIP PSSB. Tidak ada salahnya mengikuti jalur ini walaupun yang tersedia hanya jurusan diploma. Jalur ini memiliki persaingan yang lebih ringan daripada SNMPTN. Biasanya jalur ini dibuka sebelum atau menjelang pengumuman SNMPTN.

Penulis: Belgi Anggun Gorlitza (UNS/FISIP’2019)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar