Jumat, 27 Maret 2020

5 TIPS BELAJAR DI RUMAH SAAT WABAH CORONA

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menekan penyebaran virus corona adalah dengan membatasi diri keluar rumah.

Beberapa pemerintah provinsi dan daerah telah membuat kebijakan untuk menutup sekolah selama 14 hari, terhitung sejak Senin (16/3). Dengan dikeluarkannya keputusan itu, praktis kegiatan belajar mengajar anak berpindah dari sekolah ke rumah.

Ya Moms, tidak bersekolah bukan berarti anak tidak belajar. Dinas Pendidikan terkait telah memastikan bahwa tiap sekolah akan melaksanakan program pembelajaran jarak jauh secara online.

Meski begitu, belajar di rumah bukannya tanpa tantangan. Dengan kondisi yang lebih fleksibel dan tidak ada guru di sekolah yang mengawasi, si kecil mungkin saja jadi malas-malasan mengerjakan tugasnya.

Nah, di waktu-waktu seperti ini, sebagai orang tua, Anda dituntut untuk lebih kreatif agar anak tetap semangat belajar di rumah. Yuk, coba lakukan 5 tips ini, Moms.

  1. Tetap lakukan aktivitas seperti biasa

Meski anak tidak berangkat ke sekolah, terapkanlah jadwal aktivitas seperti biasanya. Misalnya saja, dengan memastikan anak tetap bangun pagi, sarapan tepat waktu, pakai baju yang rapi, hingga punya waktu istirahat di siang hari.

Ya Moms, hal-hal tersebut bisa membuat anak lebih bersemangat menjalankan hari-harinya di rumah.

Saat sarapan, jangan lupa beri pengertian mengenai situasi terkini dan mengapa ia harus tetap belajar di rumah. Dengan begitu, si kecil akan lebih paham tentang tanggung jawabnya untuk tetap belajar meski di rumah.

2. Ciptakan ruang belajar yang kondusif

Suasana rumah yang berbeda dengan sekolah terkadang membuat anak mudah teralihkan sehingga proses belajar pun jadi tidak maksimal. Untuk itu, Anda harus memastikan anak merasa nyaman dan bisa fokus saat proses belajar di rumah berlangsung.

Saat anak mulai menunjukkan tanda-tanda bosan dan tidak fokus, ajak ia untuk rehat sejenak dan tanyakan cara belajar seperti apa ia sukai. Selain itu, tak ada salahnya juga, untuk menyajikan berbagai camilan sehat kesukaan anak agar ia tetap semangat belajar.

3. Buat jadwal seperti jam belajar di sekolah

Moms, Anda juga perlu membuat jadwal belajar anak agar si kecil lebih bisa bertanggung jawab. Misalnya, di jam berapa anak akan mulai belajar, istirahat siang, dan serta kapan waktu belajar berakhir.

Karena anak sedang tidak bisa bermain ke luar rumah, Anda sebaiknya juga sudah punya rencana bermain untuk si kecil agar ia tidak bosan, Moms.

4. Games

Menyiapkan permainan (bukan main games online ya Moms) merupakan salah satu cara efektif membuat anak tetap aktif dan mau belajar selama berada di rumah, apalagi untuk anak usia dini yang baru masuk sekolah.

5. Beri tugas

Tidak berangkat sekolah bukan berarti tidak belajar, jadi pastikan anak tetap melatih diri dengan banyak belajar. Salah satu cara agar anak mau belajar adalah memberinya tugas khusus. Berperanlah sebagai guru kelasnya untuk sementara.

Misalnya membaca materi dari halaman sekian hingga sekian. Beri waktu 30 menit misalnya, kemudian minta anak menjelaskan apa yang sudah ia baca. Apakah ada yang ingin ia tanyakan tentang materi yang ia baca.

Setelah itu, minta anak mengerjakan soal di buku pelajarannya. Atau Moms bisa mencarikan soal-soal terkait materi pelajaran yang ia pelajari saat ini di internet dan meminta anak menyelesaikannya, untuk kemudian dikoreksi dan dinilai. Jangan lupa memberi jeda istirahat agar anak tidak merasa tertekan.

Ada banyak cara membuat anak-anak merasa nyaman belajar di rumah Moms, pastikan dulu melakukan hal di atas.(*)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar